Jangan Ngaku Pecinta Skin Care Kalau Gak Tahu Sejarahnya!


Asal Muasal Skin Care

Jangan Ngaku Pecinta Skin Care Kalau Gak Tahu Sejarahnya! - Thepinkquestionmark. Hai, Prestisian! Siapa sih Prestisian sista di sini yang gak tahu produk skin care, pasti tahu lah ya semua. Mulai dari yang banyak dijual di pasaran di mana kita mudah menemukan di mini market, seperti pencerah/pemutih wajah, pelembab, dan sebagainya.

Tapi Prestisian pernah gak sih kepoin asal muasal skin care hingga bisa menjadi se-ampuh sekarang formulanya? Sepertinya tidak ya, hihi. Yuk, tanpa basa-basi mending kita cek dan ricek nih asal muasal skin care yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Jangan Ngaku Pecinta Skin Care Kalau Gak Tahu Trennya!

Asal muasal skin care dimulai dari masa Mesir Kuno lho!


1. Mesir Kuno

Asal Muasal Skin Care

Sejarah skin care bisa ditelusuri dari 3000 SM di Mesir. Orang Mesir Kuno pada saat itu sangat memperhatikan penampilan mereka. Cleopatra bahkan menggunakan sour milk (susu asam). Orang Mesir Kuno menciptakan skin care dari olive oil, telur burung unta, susu, minyak dari tumbuh-tumbuhan.
Asal Muasal Skin Care

Untuk scrubbing, biasanya mereka menggunakan pasir, lidah buaya dan olive oil (untuk menjaga kelembaban kulit). Bahkan mereka juga yang pertama kali menciptakan produk anti aging dengan ekstrak minyak fenugreek untuk menghilangkan keriput dan kelainan pada kulit lainnya.

2. China

Asal Muasal Skin Care

Skin care di China dikenal sejak 1760 SM pada saat Dinasti Shang. Masyarakat di China saat itu menyukai kulit pucat dan putih namun tetap sehat.

Tapi produk skin care mulai banyak beredar saat Dinasti Qin yang dimulai dari sang Permaisuri yang mulai menciptakan pembersih dari rumput laut, jellyfish, pijat wajah dan olahraga yang diklaim dapat berpengaruh terhadap sirkulasi darah di pipi dan dahi.

Pada saat Dinasti Tang, terdapat produk pencerah wajah yang terbuat dari jamur songyi. Semua produk skin care China pada masa itu kebanyakan terbuat dari bahan yang alami dan sehat (disamping penggunaan bedak dari timbal).
Asal Muasal Skin Care

3. Yunani dan Romawi Kuno


Asal Muasal Skin Care


Yunani juga kebanyakan mengadaptasi sistem skin care yang ada di Mesir Kuno. Kebanyakan orang Yunani saat itu menggunakan minyak yang telah disuling, ekstrak dari tumbuh-tumbuhan, madu dan pasir untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Tidak lupa mereka menggunakan kapur atau timbal untuk memperoleh kulit putih pucat.


Asal Muasal Skin Care

Sedangkan untuk orang Romawi, mereka lebih menerapkan kebersihan, sehingga mandi merupakan suatu kewajiban. Mereka menggunakan olive oil untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan. Pada masa ini pula, kulit putih pucat masih menjadi primadona sehingga kebanyakan perempuan menggunakan timbal.

4. Eropa

Asal Muasal Skin Care

Kulit putih pucat menyebar hingga Eropa saat itu. Masyarakat Eropa saat itu menggunakan pemutih dari timbal yang biasanya akan ditumpuk beberapa layer di wajah untuk mempertahankan kulit putih pucat. Kulit putih pucat ini dipopulerkan oleh Ratu Elizabeth I pada masa itu.

5. Modern

Asal Muasal Skin Care


Saat ini peraturan tentang produksi dan pemakaian skin care sudah diatur secara ketat. Bahkan timbal sudah dilarang penggunaannya untuk skin care karena mengandung efek samping yang berbahaya.



Itu dia sejarah skin care yang bisa membuka cakrawala pengetahuanmu tentang skin care, Prestisian!

Oh ya, ngomongin soal dunia perempuan, tentunya mereka juga suka yang indah-indah termasuk bunga dong ya. Nah, untuk Prestisian yang ingin beli bunga yang cantik-cantik, sudah gak perlu ke tokonya lagi, cukup kunjungi Toko Bunga Jakarta! Bunga-bunga cantik akan langsung meluncur ke rumahmu. Yuk, segera kunjungi Toko Bunga Jakarta!


Sumber:
https://www.skincaretotal.co.uk/the-history-of-skin-care.html

Comments